Catatan Perjuangan Beasiswa LPDP – Part I (Seleksi Administrasi)

Bagi para pemburu beasiswa, mungkin akhir-akhir ini tidak asing lagi dengan beasiswa prestisius yang lebih dikenal dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), beasiswanya sendiri sebeanrnya bernama Beasiswa Pendidikan Indonesia. Mungkin tidak terlalu penting saya jelaskan panjang lebar mengenai apa dan bagaimana skema beasiswa ini, silahkan tanya ke mbah google atau kunjungi web resmi mereka di http://lpdp.depkeu.go.id/ atau http://www.beasiswalpdp.org/ Insya Allah informasinya sudah cukup lengkap

Mari masuk ke tahap awal yang harus dilalui untuk mendapat beasiswa ini, yuppp Seleksi Administrasi. Seluruh proses pendaftaran di tahap ini dilakukan online, tidak ada pengiriman berkas/hardcopy dokumen, berkas akan kita perlukan untuk proses verifikasi saat tahap seleksi wawancara (setelah lulus proses seleksi administrasi).

Tidak terlalu sulit sebenarnya dokumen-dokumen yang disyaratkan oleh LPDP, hanya memang butuh persiapan panjang untuk melengkapi semuanya. Salah satu poin penting yang menjadi penilaian adalah Sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL/IELTS), ini berlaku bagi yang memilih program beasiswa dalam ataupun luar negeri. Saya pribadi memberi perhatian khusus untuk perkara ini, karna mau daftar beasiswa apapun dan ke kampus tujuan manapun, mutlak bin wajib dokumen ini harus kita punyai. So, mau tidak mau tantangan awal adalah melewati nilai batas minimum yang disyaratkan, LPDP sendiri mensyaratkan nilai TOEFL 550 bagi yang memilih program Magister/Doktor Luar Negeri, dan 500 bagi yang memilih program Magister/Doktor Dalam Negeri, untuk nilai IELTS silahkan menyesuikan dengan standar tersebut, di leaflet terbaru yang disediakan pihak LPDP juga sudah ada perbandingan nilai TOEFL-IELTS yang memenuhi kriteria, bisa di download disini. Tinggi standarnya? Memang, maka dari itu persiapan serius harus dilakukan jauh-jauh hari. So, bagi siapapun yang berniat ikut seleksi beasiswa ini persiapkan dulu salah satu dokumen yang menjadi syarat penting untuk lolos proses seleksi administrasi ini. Selamat berjuang, hal sesulit apapun akan kalah kalau kita memiliki keyakinan & semangat pantang menyerah untuk meraihnya, saya beberapa kali membuktikan ini 🙂

Dokumen lain yang tak kalah penting adalah Essay tentang “Peranku Bagi Indonesia” dan “Sukses Terbesar Dalam Hidupku”. Saya pribadi berpendapat, kedua essay ini cukup berperan penting dalam penilaian, coba bayangkan sebuah kondisi dimana tim reviewer yang tidak kenal sama sekali dengan kita akan menilai kita hanya dari dokumen-dokumen yang kita berikan. Untuk itu, persiapkan dengan serius juga hal ini, jangan sekali-kali asal-asalan. Tuangkan kejujuran tentang apa yang telah kita alami, dan apa yang akan menjadi rencana kita dimasa yang akan datang. Saya yakin tiap-tiap orang punya potensi dalam dirinya, hanya saja sebagian mau mengeksplorasinya dan sebagian yang lain mengabaikannya begitu saja.

Selain kedua essay tadi, kita juga diminta membuat rencana studi, agak berbeda mungkin antara yang mengambil Master dengan Doktor. Pengalaman saya sendiri mengambil Master, tidak perlu menuliskan rencana detail dalam essay rencana studi ini, cukup menceritakan mata kuliah apa saja yang akan kita ambil, beserta jadwal perkuliahan sementara. Hal ini bisa dilihat di web universitas yang kita tuju, atau dengan menanyakan langsung ke bagian akademik.

Terakhir dokumen yang menjadi opsi (bisa dilampirkan atau tidak) adalah LoA atau Letter of Acceptance dari Universitas yang kita tuju. Dokumen ini memang tidak wajib untuk kita lampirkan saat pertama mengajukan berkas lamaran beasiswa LPDP, karna kalaupun kita belum punya, pihak LPDP akan memberikan waktu 1 tahun bagi siapa yang telah lulus seluruh tahap seleksi beasiswa ini untuk mencari universitas. Hanya saya, memiliki LoA tentu akan memberi nilai lebih diri kita dihadapan tim seleksi. Dan LoA ini sendiri sebenarnya berkaitan erat dengan dokumen TOEFL/IELTS, karna untuk mendapatkan LoA apalagi dari Universitas di Luar Negeri, biasanya mereka juga meminta kita untuk melampirkan bukti kemampuan bahasa, bisa TOEFL/IELTS, tergatung dari negara dan Universitas tujuan kita. Silahkan baca tips dari @madeandi disini

Sedangkan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan adalah dokumen standar, tidak terlalu sulit untuk disiapkan, antara lain : Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Pernyataan (formatnya tersedia di leaflet yang disediakan oleh LPDP), surat ijin dari atasan.

Mari kawan, Indonesia saat ini sudah menyediakan beasiswa bergengsi bagi putra-putri terbaiknya. Jangan sia-siakan kesempatan ini, sudah saatnya kita menjadi bagian dari perubahan bangsa menuju kearah yang lebih baik. Saya sangat yakin, melihat semangat bangsa saat ini akan membuat Indonesia setara dengan bangsa-bangsa maju lain, entah 10 atau 20 tahun yang akan datang, hal ini Insya Allah bisa terwujud dengan komitmen kita bersama.

*tunggu kelanjutannya tentang tahap wawancara yaa 🙂

173 thoughts on “Catatan Perjuangan Beasiswa LPDP – Part I (Seleksi Administrasi)

  1. Salam,
    Terimakasih untuk informasinya mas, saya juga berencana untuk mengambil beasiswa LPDP, cuma agak binggung dengan essai rencana studi itu, apa hanya universitas, timeline perkuliahan, dan kredit yg kita butuhkan yg diminta? bagaimana dengan rencana tesis? apa itu perlu dijabarkan juga?
    Terima kasih untk jawabannya. 🙂

    • Salam Ameey
      Dalam rencana study bisa dijabarkan semua, mencakup universitas, mata kuliah yang akan diambil, berapa lama (timeline perkuliahan), termasuk kredit yang diminta.
      Rencana tesis bisa dijabarkan rencana awal, sangat mungkin jika nantinya berubah
      Salam sukses 🙂

      • salam kenal mas.
        sy mau tanya mas, sewaktu apply beasiswa master kan ada surat pernyataan tidak menerima beasiswa lain. pada bagian isi ada tertera “perguruan tinggi” nah itu yang disikan perguruan tinggi asal atau PT tujuan ya mas. terimaksih mas

  2. Terima kasih, Mas,sudah menuliskan pengalaman, informasinya bermanfaat sekali untuk saya. Kalau berkenan, tolong kirimkan essay dan study plan yang Mas pakai untuk mendaftar. Kirim ke endaht.anomsari@yahoo.com. Sebagai referensi bagaimana menulisnya karena saya juga ingin mendaftar tahun ini. Thanks in advance

  3. Salam kenal Pak Fison,
    Saya sedang proses mempersiapkan berkas untuk pendaftaran beasiswa LPDP dan jika berkenan boleh share essay rencana studi, saya coba browsing2 mayoritas mereka membuat dalam bentuk essay dan saya kesulitan dan berencana untuk buat dalam bentuk timeline dan rencana perkuliahan seperti Pak Fison. Kalau bapak berkenan share essay yang lain saya juga sangat ga keberatan hehehe. Kemarin saya coba post comment disiini tp entah mengapa sekarang ga ada comment saya, kalau dobel maaf ya.

    sekali lagi kalau berkenan email saya olvira.harahap@yahoo.com

    Terimaa kasih Pak!

      • Selamat malam, Pak. Kalau tidak keberatan, apa saya boleh juga mendapatkan forward essay serta rencana perkuliahan seperti yang Pak Filson lakukan via email? tahun ini saya sedang menyiapkan S3 di Jepang dan mencoba apply beasiswa antara MEXT atau LPDP.

        alamat surel saya fakhran182@gmail.com

        terima kasih banyak, Pak.

        Salam,
        Fakhran.

  4. Assalam,
    nama saya rusdianto, saat ini saya sedang mempersiapkan berkas lpdp, tetapi saya masih terkendala terkait dengan rencana studi, jika berkenan mohon share contoh rencana studi dan essay nya.
    ini email saya : rusdianto.raraa@gmail.com

  5. Selamat Malam,
    Perkenalkan nama saya Pandu Narendradewo. Saya hendak melanjutkan studi ke jenjang S2 dan sedang mencoba untuk mendapatkan beasiswa lpdp. Maaf sekali, kalu berkenan bolehkah saya mempelajari contoh essay rencana studi milik Mas Fison. Tidak usah seluruhnya, kerangkanya saja pun boleh karena saya agak bingung dalam penyusunan kerangkanya.

    Kalau tidak berkeberatan bolehkah dikirim ke email saya di narendradewo@gmail.com? terima kasih sekali, maaf merepotkan

  6. Salam kenal mas 😀
    Wah, barusan niat lanjut studi ke jenjang S2 n nemu beasiswa LPDP. Nanya nih mas boleh ya? Mendasar banget, kalo mau apply beasiswa ini harus lulus di PT nya dulu atau gimana? Maaf, sy belum ngerti bagian disitunya.

    Oiya, sekalian aja deh kalo ga keberatan share contoh esai dan rencana studinya muhammadizzuddinalfikri@gmail.com
    Thanks before 🙂

    • Salam kenal mas Fikri
      Setau saya sekarang LPDP memang mempersyaratkan harus lulus PT dulu, dibuktikan dengan ijazah

      silakan cek emailnya, sudah sy kirim yaa
      salam sukses 🙂

      • ooh maksudnya udah diterima atau belum di PT S2 tujuan yaa (mendapat Letter of Acceptance/LoA)

        LPDP tidak mewajibkan kita sudah harus diterima, karna setelah dinyatakan kita diterima sebagai awardee beasiswa LPDP, kita akan diberi waktu 1 tahun untuk memperolah LoA/diterima di universitas tujuan

        mungkin itu maksudnya yaa

      • yap bener mas, sperti itu maksud saya hehe 😀
        ohh, gitu ya.. Thanks very much kalo gitu atas infonya

  7. salam kenal mas fison..

    Saya berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 di PTN dalam negeri dan ingin mendaftar untuk program beasiswa LPDP. akan tetapi saya masih bingung buat menyusun essay nya…

    kalau mas fison tidak keberatan, boleh saya minta contoh essay mas fison? email saya harsiswanto@gmail.com

    makasih mas fison..

  8. Terima kasih sudah membagi pengalamannya mas, sangat bermanfaat. Saya berencana mendaftar beasiswa LPDP tahun ini. Jika berkenan, tolong kirimkan essay dan study plan yang dipakai saat mendaftar ke email saya di ken.budiputra@gmail.com agar bisa saya gunakan sebagai referensi.
    Terima kasih 🙂

  9. salam kenal Pak Fison
    nama saya fajar, saat ini saya sedang mempersiapkan berkas pendaftaran ke LPDP, saya ada kesulitan terkait dengan penulisan rencana studi, mohon jika berkenan bisa di share contoh rencana studi ke email saya fajarseto@gmail.com, terima kasih banyak pak fison, maaf merepotkan

  10. halo…Mas salam kenal, mau tanya dunk soal rekomendasi. Itu kan udah ada formatnya ya…terus pemberi rekomendasi harus tulis tangan atau diketik ya. Pengalamannya gmna…? Bles ya…

    tanks…

      • eh ya…itu kan isinya ada 4 pertanyaan Mas, memang hrs dijawab ja satu persatu atau disusun dlam bentuk paragraf. Sory ga sekalian tanyanya..

        mksh bnyak…

      • eh ya…itu kan isinya ada 4 pertanyaan Mas, memang hrs dijawab ja satu persatu atau disusun dlam bentuk paragraf.

        mksh bnyak…

  11. Salam kenal Bang Fison,,,
    Nama saya riska, sy sekarang sedang mempersiapkan berkas untuk beasiswa lpdp. Mau nanya nih bang, berkas yang surat2 itu kan udah ada formatnya, nah, format itu di buat ulang atau di ketik ulang sesuai format yang ada skalian diisi kemudian diunggah ya bang ? Mohon dijawab ya bang.
    Terima Kasih 🙂

  12. salam kenal mas, jika berkenan boleh minta contoh rencana studi nya? ke alamat yutirizky[at]gmail[dot]com, terimakasih banyak sebelumnya 🙂

  13. salam kenal mas
    terimakasih buat tulisannya yang sangat memotivasi
    jadinya saya semangat pengen ikutan juga peruntungan memperoleh beasiswa
    jika berkenan saya boleh dikirim contoh essay, study plan atau berkas pendukung lainnya untuk saya pelajari dan saya persiapkan.
    email saya fatkur.ua88@yahoo.com
    terimakasih banyak mas

  14. Subhanallah..
    salam kenal mas
    terimakasih banyak tulisannya yang memotivasi saya untuk ikut LPDP 🙂
    jika berkenan saya boleh dikirim contoh essay, study plan atau berkas pendukung lainnya untuk saya pelajari dan saya persiapkan.
    email saya muhamadirfanagia@yahoo.com
    terimakasih banyak mas
    Salam Sukses !

  15. SEMOGA kebaikan mas dibalas oleh yang Maha Kuasa….
    saya sudah baca tulisan mas dan saya sangat termotivasi….
    jika berkenan, boleh juga dikirim ke email saya contoh 3 essay itu dan berkas-berkas pendukung lainnya….terima kasih banyak.. ini email saya,
    zainuddintutik@gmail.com

  16. Hallo, mas. Salam kenal ya.
    Sy sdg mengajukan untuk beasiswa LPDP jalur Afirmasi. Kebetulan sy sdh daftar dan lolos Pascasarjana di Universitas Negeri Semarang. Sedangkan dlm format LPDP, Unnes tdk termasuk didalamnya.
    Apakah sy bisa mengajukan untuk tetap melanjutkan pendidikan di Unnes dengan beasiswa LPDP atau saya harus melepaskan Unnes bilamana saya mendapatkan beasiswa LPDP.
    Oh iya, saya juga mohon bantuannya mengenai contoh essay ya mas 🙂
    email: dealine_sembiring@yahoo.com
    thanks in advance 🙂

    • Hallo mb Desy
      Sepertinya LPDP hanya akan memberi beasiswa dengan tujuan universitas sesuai list yang mereka beri, memang ada beberapa kasus khusus mereka ttp memberi beasiswa diluar list yang tersedia, tapi umumnya tetap harus sesuai prosedur

      Tapi tidak ada salahnya mencoba dulu

      Silakan dicek emailnya untuk contoh dimaksud

      Salam sukses yaaa

  17. sharing yang sangat bermanfaat mas untuk kami-kami pemburu beasiswa. kalau boleh minta bantuan lagi, saya tertarik membaca esai-esai mas Fison sewaktu daftar beasiswa ini juga untuk referensi..jika berkenan boleh kah dikirim ke nisa.nurdiana@gmail.com
    trims banyak atas bantuannya mas

  18. selamat siang, mas.
    wah sangat membatu sekali mas, tulisannya tentang beasiswa ini..
    boleh yaa mas, minta contoh essay dan document2 lain yg bisa saya jadikan pedoman untuk beasiswa LPDP ini…
    kirim ke: erohuki [dot] scholarsip@gmail.com

    thanks, mas..^_^

  19. salam mas saya ingin apply beasiswa lpdp dan uni yg saya pilih ada di list lpdp klo boleh saya minta dikirimkan contoh essay, surat rekomendasi dan studi plan nya boleh mas ke email saya fauzi89japan@gmail.com terimakasih sangat mas

  20. Tulisan bapak sangat inspiratif, terima kasih pak, salam kenal saya kariyono dari BPN kota kendari, rencana mau ikut apply beasiswa lpdp juga, bisa minta tolong kirim essay studi plan dan contoh berkas lain,, buat gambaran saya pak, trima kasih sebelumnya pak , email jelishajon@gmail.com

  21. Halo mas,

    Saya Randi asli kalimantan Tengah. Saya sbnrnya tetrik untuk melamar beasiswa LPDP Program magister luar negeri. Tapi sekrng saya bekerja d Australia dan akan balik k Indonesia thn 2015. Apakah saya eligible untk melamar? Mohon saranya. Slain itu, saya mint tlng klaw mas berkwnan utk share contoh rencana study dan essaynya. Terima kasih banyak. Email saya julianrandi92@yahoo.com

    • Halo mas Randi, sepengetahuan saya, LPDP juga menyediakan fasilitas teleconfrence bagi pelamar dari luar negri, mungkin bisa dicoba
      tapi kalo pun mau menunggu waktu pulang ke Indo jg tidak masalah, silakan di cek info terbaru di web LPDP untuk update terbaru

      Silakan di cek jg emailnya,,,sdh saya kirim contoh essay yg saya pakai

      Sukses

  22. bang,,, slam kenal saya jazuli dari sidoarjo,,,, mint ijin share contoh essay dan study plan nya ,,, bisa dikirim di emal : tamimdoors@gmail.com,,,, terima kasih sebelumnya,,, smoga dibalas yang lebih baik,,, amin

  23. Malam mas, saya mau tanya tentang beasiswa yg lpdp afirmasi itu bagaimana ya, apakah tata cara dan deadlinex sama dengan lpdp biasa? Apa mas punya teman yang mendapatkan beasiswa afirmasi, mohon infonya

    • Salam mb Desy
      Beasiswa LPDP afirmasi kurang lebih sama prosedurnya, hanya syarat nilai toefl sedikit diturunkan dari standar (menurut pengalaman teman saya)
      teman saya dari makasar, biasanya pihak lpdp akan datang ke kampus tujuan terkait sosialisasi berikut seleksi beasiswa afirmasi
      saya kurang tau lagi lebih lanjut, krn sistem LPDP juga terus mengalami perkembangan
      bisa diikuti di webnya http://www.beasiswalpdp.org atau tanya2 di twitter resminya : @LPDP_RI

      Semoga sedikit membantu, salam sukses yaa

  24. hi , perkenalkan nama saya sonya , terima kasih tulisannya saangat bermanfaat , bolehkah saya meminta contoh essay dan studi plan ke email saya sonyameisuri@gmail.com ? terima kasih .
    maaf mau bertanya lagi :

    1.pada web LPDP ada persyaratan : ntuk studi program magister di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750;

    apakah ini harus semua terpenuhi atau salah satunya aja . contoh IELTS saja ?

    2. untuk rekomendasi tokoh masyarakat ? bolehkan dosen pembimbing saya ? yg gelarnya belum prof hanya Dr saja ?

    Terima kasih 🙂

    • Hai salam kenal Sonya
      Silakan di cek emailnya, sdh saya kirim contoh essay nya

      1.Salah satu saja, kalo bisa sesuaikan dg jenis dokumen kemampuan bahasa apa yg menjadi persyaratan yg diminta universitas tujuan

      2. Semua boleh mb, org tanpa gelar pun boleh memberi rekomendasi
      hanya kalo dalam konteks tokoh masyarakat, bukan dosen pembimbing yang dimaksud, tp bisa dari ketua RT/Tokoh Agama/Tokoh organisasi kemasyarakatan (Seingat saya ini tidak wajib, saya sendiri tidak melampirkan rekomendasi dr tokoh masyarakat, hanya dr dosen pembimbing saya)

      terima kasih, smg membantu

  25. Salam,
    Terimakasih untuk informasinya mas, saya berencana untuk mengambil beasiswa LPDP bulan september ini. Cuma agak binggung dengan essai rencana studi itu.
    Kalau berkenan, boleh minta contoh essay dan rencana study mas sbg gambaran ? bisa dikirim di rafaelberryy@yahoo.com
    Makasih banyak

  26. Assalamu’alaikum pak fison,
    terima kasih atas tulisannya yang sangat bermanfaat bagi saya selaku pemburu beasiswa lpdp juga, saya ingin bertanya pada bagian upload dokumen, ada dokumen “rencana studi” yang harus di upload dan juga ada “essay rencana studi”, apa bedanya ya?

    kalau bapak berkenan, saya ingin membaca essay yang bapak tulis sebagai referensi saya, kalo berkenan, saya mohon untuk mengirimkannya ke email saya yovi.pratama@gmail.com

    terima kasih sebelumnya pak…

  27. Mas fison saya saat ini sedang melengkapi persyaratan beasiswa LPDP tetapi saya inign melamar ke luar negeri apakah semua kelengkapan essay maupun rencana study harus dalam bahasa inggris atau cukup bahasa indonesia?saya butuh panduan buat rencana study spt apa mas?

  28. Terimakasih sebelumnya mas dengan ulasan yang cukup menarik. Saya Nana baru saja lulus dan berniat melanjutkan S2 dengan beasiswa LPDP dan masih bingung dengan format dan isi essay yang baik. Bisa tolong dikirimkan ke email saya khairinana@yahoo.com? Terimakasih banyak Mas

  29. Hallo mas fison terimakasih atas sharing yg telah diberikan. Bolehkah saya meminta contoh Study Plannya? Jika berkenan mohon kirimkan ke yuniiswati1313@gmail.com terimakasih. Semoga kebaikan yg telah diberikan akan terus menerus menginspirasi generasi penerus bangsa.

  30. Assalamu’alaikum Bapak fison,
    Tulisan Anda sangat menginspirasi saya yang akan mendaftar beasiswa lpdp juga. Kalau bapak berkenan, saya ingin membaca essay yang Bapak tulis sebagai referensi saya, saya mohon untuk mengirimkannya ke email saya tiarakurniawati21@gmail.com

    Wassalamu’alaikum

  31. Trimakasih banyak mas untuk informasi dan mtivasi tulisannya,kebetulan kabupaten saya termasuk daerah tertinggal yang ada di list LPDP
    bisa minta tolong mas kirimkan essay dan study plan untuk magister ke email saya mas
    saniman_gayo@yahoo.com
    trima kasih sebelumnya mas
    sukses selalu

  32. Salam kenal,,,
    saya mau tanya, saya mulai kuliah per 1 September 2014 di univ dlm negeri, namun saat ini terkendala toefl yang belum keluar hasilnya, Padahal saya tes sebelum lebaran, tepatnya 24 Juli 2014. Skor toefl yang lalu hanya 497.
    Bisakah saya mendaftar untuk periode Desember? atau tetap nekat mencoba yg periode agustus ini meskipun skor toefl belum mencukupi? mohon sarannya, trims

    • Salam kenal juga mb Anisa

      Kalo saya pribadi lebih baik menunggu skor toefl yang baru dan berharap mencukupi batas minimal yg dipersyaratkan mb, jadi mendaftar untuk desember nanti
      setau saya kebijakan nya masih bisa, meskipun kuliah sudah dimulai 1 september, karna masih dalam tahun yang sama

      sukses

  33. Halo mas..salam kenal..
    Saya juga kebetulan sedang mempersiapkan dokumen untuk beasiswa LPDP ini mas, karena yang saya baca dr beberapa sumber, beasiswa ini tidak membatasi berapa besarnya biaya perkuliahan (program yg saya minati biaya perkuliahannya cukup besar).
    Tapi dalam persyaratan diperlukan dokumen yang menunjukkan pengalaman organisasi dan juga peran aktif kita di kegiatan sosial. Nah..yang jadi pertanyaan, dokumen ini bisa kita dapatkan dimana ya? Sedangkan organisasi dan aktivitas sosial yg pernah saya ikuti hanya organisasi non-formal.
    Mohon share pengalamannya ya mas..oiya..kalau gak keberatan skalian bisa minta contoh essay dan study plan nya kah?? Kalau boleh tolong kirim ke dsulasiah@yahoo.com.
    Terima kasih banyaaaaakkkk… ^_^

    • Halo salam kenal jg mb

      Sebenarnya terkait pengalaman organisasi & kegiatan sosial, baik kalo memang bisa ditunjukkan dalam bentuk sertifikat, disiapkan saja, tapi pengalaman saya sendiri hal tersebut tidak dibutuhkan (diminta untuk ditunjukkan) saat wawancara
      mb bisa ceritakan saja di essay/cantumkan di CV
      reviewer akan melihat kapabilitas kita saat wawancara terkait pengalaman tersebut

      sukses yaaa

  34. Haloo.., salam kenal Mas Fison,
    saya juga sedang ingin mencoba untuk melamar beasiswa LPDP ini.., namun kesulitan dalam pembuatan surat rekomendasi dan essaynya..
    apakah saya boleh meminta juga contoh surat rekomendasi dan essaynya??
    email saya : marilyn.ong23@ymail.com

    Terima kasih banyak-banyak sekali..

    salam.

  35. Salam kenal mas fison.. Posting yang sangat menarik dan bermanfaat:-) Mas, saya bs minta contoh essay dan rencana studinya? karena saya juga tertarik mencoba apply lpdp. Terima kasih dan semoga sukses selalu (julaihah@yahoo.com)

  36. Pingback: Catatan Perjuangan Beasiswa LPDP – Part II (Seleksi Wawancara) | Fison Hepiman

  37. assalammu’alaikum
    salam kenal mas
    kalo boleh minta contoh soal mas
    untuk sebagai referensi ke email saya hestiendah28@yahoo.com
    uia mas ttg surat pernyataan tidak pernah melanggar kode etik akademik dan melanggar hukum di booklet panduaan tidak ada
    boleh liat formatnya mas?
    thank you

    • Waalaikumussalam

      Salam kenal jg mb
      Mohon maaf, saya tidak punya contoh soal. Dan soal apa yang dimaksud disini?
      Kalo surat pernyataan ” tidak pernah melanggar kode etik akademik dan melanggar hukum” itu menyatu dengan form “Surat Pernyataan”. Silakan di cek kembali

      Terima kasih 🙂

  38. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Salam kenal mas, saya Indriyani dari Palembang. Saya sedang dalam proses mempersiapkan berkas-berkas beasiswa LPDP. namun sejauh ini sayamasih kesulitan dalam membuat dua jenis essay dan rencana studi, selain itu saya juga binggung mengenai format surat rekomendasinya apakah harus ditulis tangan atau diketik. Jika mas tidak keberatan mohon share 2 jenis essay, rencana studi dan contoh surat rekomendasinya mas. Ini alamat email saya indriyanikemwa@gmail.com
    Terimakasih banyak sebelumnya mas.

    Wassalamu’alaikum. wr. wb.

      • wah kebetulan kalau begitu kita satu daerh mas,
        Terima kasih banyak mas.. semoga melalui tulisan mas saya bisa berhasil lulus scholarship sprti mas dan semoga Allah memurahkan rizki mas, aamiin..

      • pagi mas,yang saya ingin tanyakan, bagaimanakah standar yang baik untuk membuat rencana studi untuk LPDP, apakah sebaiknya membuat yang ringkas (1-2 halaman) atau yang detail (>2 hal)? Dan apakah benar bahwa beasiswa ini tidak mensyaratkan ikatan dinas (kerja) setelah menyelesaikan studi> Terima kasih atas tanggapannya

      • Halo mas

        Kalo saya pribadi, hanya mengikuti pedoman dari LPDP yg berbunyi “Menulis rencana studi bagi program Magister, yaitu menulis jadwal sementara rencana perkuliahan dan jumlah SKS yang akan diambil setiap semester, dari semester pertama hingga selesai serta rencana tesis (maksimal 500 – 700 kata);”
        Demikian yg tertulis di pedoman resmi dari LPDP, semoga membantu 🙂

        Perihal ikatan dinas, sama sekali tidak ada

        Terima kasih

  39. Assalamualaikum Wr. WB., salam kenal mas. Perkenalkan nama saya Evellin. Saya berencana apply beasiswa LPDP tahun depan. Jika berkenan, bolehkah saya meminta contoh rencana studi dan essay yang mas fison gunakan?, alamat email saya evellinlusiana@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelumnya.. 🙂

  40. Selamat pagi mas Fion.

    Mas, saya awal Maret tahun ini udah apply di Uni Edinburgh. Udah upload beberapa doku yang disyaratkan, udah korespondensi dengan program directornya, udah ngelist beberapa profesor yang potensial jadi supervisor saya (yang sesuai dengan minat riset saya di sana) karena saya rencana ambil Master by Research.

    Unfortunatelyyy… band score IELTS saya hanya 5.5 (sedangkan syarat uni 6.5), oleh karena itu saya tidak jadi mendaftar LPDP. Kmaren saya berani ambil IELTS karena toefl saya udah >550 T___T, ternyata oh ternyata..

    Mas, sebaiknya saya dapet LoA dulu baru daftar LPDP or daftar LPDP dulu aja? kemarin saya cuma bikin akun dan asal ngisi di LPDP, pikir saya, nanti aja kalo udah dpet LoA baru ngurus LPDP nya. Kliru ya mas???

    kalo saya berencana kuliah di TA 2015, apakah daftar LPDP sekarang (yg periode 4) gak apa2?

    Mas, saya juga boleh kah liat contoh Essay dan Rencana Studi mas dulu? Terima kasih sebelumnya 😀 (indonesian.midwife@gmail.com)

    Salam Sukses, luarrr biasa!!

    • salam kenal mbak

      Kedua2nya mungkin mbak, bisa mendaftar LPDP dulu ataupun mendapat LoA dulu
      Sepengetahuan saya, setelah resmi diterima menjadi awardee LPDP, kita diberi waktu 1 tahun untuk mencari LoA (bagi yang diawal mendaftar belum memiliki LoA)

      Jadi kalopun mau mengikuti seleksi yang sekarang, periode 4, spt nya tidak ada masalah mb

      Salam sukses

  41. Siang mas, saya ada rencana untuk ikut lpdp periode maret 2015, kalau boleh saya dikirimin essaynya yang ada, sebagai refrensi saya lagi bingung untuk nulis rencana studi khususnya, bisa dikirim ke email saya : ived.gendon@gmail.com Terimakasih sebelumnya mas,,

  42. Halo kak salam kenanl, saya vivi dari bengkulu. Saya sedang menyiapkan aplikasi beasiswa lpdp. Kalau tidak keberatan boleh saya minta contoh essaynya kak untuk bahan referensi..email saya:valisneriautami@gmail.com
    terimakasih banyak kak…

  43. Mas Fison, salam kenal, saya terinspirasi dari membaca artikel mas. Boleh dibantu untuk contoh essay dan rencana studi yang mas susun ke email saya wshas18@gmail.com? Terima kasih dan semoga dilimpahi banyak keberkahan atas bantuannya.

  44. Assalammualaikum wr. wb..
    Salam kenal mas.. Saya fika, dari surabaya. Saya berencana mengikuti lpdp periode desember ini. Kalau boleh, saya ingin dikirimkan essay dan study plan punya mas fison sebagai referensi saya. Email saya fika.paramita@gmail.com. Terima kasih. Wassalammualaikum wr. wb.

  45. salam kenal mas. terimakasih sudah mau share tentang pengalaman LPDP nya.
    btw saya ada beberapa pertanyaan nih mas.
    1. berdasarkan pengalaman mas , ada ga yang nilai TOEFL nya itu TOEFL prediksi? saya sempat tanya ke email LPDP, katanya boleh untuk beasiswa dalam negeri. tapi, berdasarkan pengalaman yang lulus administrasi, adakah yang demikian?
    2. semua dokumen yang perlu dikirimkan itu diketik atau ada yang tulis tangan seperti rekomendasi dosen? ataukah rekomndasi dari dosen diketik ulang oleh kita sendiri?
    3. sebagai referensi, apa boleh sy minta esay yang mas ajukan termasuk rencana studi ke witra.maryam@yahoo.com?

    terimakasih

    • Salam kenal jg mas
      1. Saya kurang tau mas, blm pernah ada teman yg sharing dg kasus spt itu, tp kalau pihak LPDP sendiri sdh bilang demikian, tdk perlu dipermasalahkan lagi. Saran saya, kalo kita merasa lemah di poin kemampuan bahasa inggris, coba pengalaman organisasi dikemas lebih menarik untuk menutupi kekurangan tersebut.
      2. Kalo saya semua diketik, surat rekomendasi saya ketik ulang
      3. Silakan cek email nya mas

      Terima kasih dan salam sukses

  46. Salam kenal Mas Fison,
    Mohon infonya kalau skor TOEFL kita sudah di atas standar yg diminta LPDP tapi masih di bawah requirement universitas sasaran bagaimana ya?

    Di website universitas sasaran sih menyebutkan jika skor di bawah requirement, masih ada kemungkinan dipertimbangkan untuk diterima, dan waktu enrollment semester berikutnya masih cukup lama sehingga saya bisa memperbaharui skor tsb. Karena faktor itu, saya bermaksud apply LPDP dulu, baru apply ke universitasnya. Tapi mungkinkah hal ini menjadi hambatan dalam proses seleksi?

    Oia mas, bolehkah saya minta contoh essay-essay, study plan dan surat rekomendasi mas untuk referensi? Email saya: pristi1310@gmail.com.
    Terima kasih.

      • Assalamu’alaikum..

        Maaf mas, saya email mas mengenai beberapa pertanyaan tentang LPDP. Mohon dibalas ya mas.
        Maaf banget saya merepotkan..
        Terima kasih..

        Wassalamu’alaikum..

      • Assalamu’alaikum
        pak, saya Nurhamida Pohan dari Medan. Terima kasih atas motivasinya, Sayajuga berniat mendaftar LPDP
        kalau berkenan, mohon di kirim contoh essay dan rencana study sebagai bahan referensi saya membuatnya.
        ini e-mail saya pohan_mida@yahoo.co.id

  47. Assalammualaikum wr. wb..
    Salam kenal mas.. Saya berencana mengikuti beasiswa lpdp. Kalau boleh, saya ingin dikirimkan essay dan study plan punya mas fison sebagai referensi saya. Email saya : harni_laddsweet@ovi.com. Terima kasih. Wassalammualaikum wr. wb.

  48. Terima kasih Mas. Tulisannya sangat bermanfaat buat saya. Saya berniat mendaftar beasiswa LPDP program Magister di tahun 2015. Tetapi saya masih agak bingung dengan rencana studi tersebut. Kalau boleh, saya mau lihat essay dan rencana studi yang Mas buat dulu saat mendaftar beasiswa LPDP juga. Email saya 10029ls@gmail.com. Terima kasih sebelumnya, Mas. Semoga sukses.

  49. Terima kasih, Mas,sudah menuliskan pengalaman, informasinya bermanfaat sekali untuk saya. Kalau berkenan, tolong kirimkan essay dan study plan dalam bahasa inggrisyang Mas pakai untuk mendaftar. Kirim ke rikynuzz@gmail.com Sebagai referensi bagaimana menulisnya karena saya juga ingin mendaftar tahun ini. Thank you

  50. Terima kasih sudah berbagi pengalaman yang sangat bermanfaat. Saya berencana mendaftar beasiswa LPDP tahun 2015. Jika berkenan, saya juga minta tolong dikirimkan contoh essay, study plan dan surat rekomendasinya ke email saya di rismadarni.rd@gmail.com untuk saya gunakan sebagai referensi.
    Terima kasih 🙂

  51. maaf mas, saya sudah baca tentang pengalaman mas. sangat bermanfaat sekali. tapi saya kebingungan mas untuk surat surat pernyataan yang harus diupload. serta contoh rencana studi dan essay. mohon info ya mas terimakasih banyak (wulanrestioktaviani.wro@gmail.com)

  52. Selamat malam mas, Nama saya Adiguna, saya juga ada rencana untuk mengajukan beasiswa LPDP untuk program studi master dalam negeri,
    jika berkenan mungkin bisa di share ke saya contoh rencana studi serta essaynya buat gambaran saya dalam mengapply beasiswa tersebut.

    alamat email saya : adiguna.dhana@gmail.com

    Terima Kasih
    Salam

    Adiguna Dhana.

  53. assalamu alaikum
    salam kenal mas, sy inna rencana mau ambil program magister dalam negeri untuk beasiswa LPDP. jika tidak keberatan sekiranya mas berkenan share essay dan study plannya ke email nersinnah@yahoo.co.id, sebelumnya sy ucapkan terima kasih banyak

  54. Salam kenal Mas Fison,
    Terimakasih atas postingan nya sangat menginspirasi 🙂
    Berhubung saya masih awan dalam pencarian beasiswa, ada 2 hal yg mau saya tanyakan :
    1. Apakah recommendation letter itu bisa dipakai lebih dari sekali, jadi jika tidak lolos di seleksi beasiswa pertama bisakah di submit lagi untuk beasiswa lainnya?
    2. Untuk seleksi LPDP sendiri menurut pengalaman mas, yg potensial mendapatkan beasiswa lebih ditekankan ke prestasi akademik, prestasi non formal (bakat) atau pengalaman organisasi?
    Oya Mas Fison, bila berkenan, boleh minta dishare contoh essay, rencana studi, dan format recommendation letter nya sebagai referensi? Email saya anyhendrayaanty@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Salam kenal jg mbak
      1. Bisa saja mbak, asal recommendation letternya dibuat secara umum, namun terkadang ada beberapa beasiswa mempersyaratkan format tertentu untuk recommendation letternya, dan minta ter-tanggal terbaru, jd mohon jangan lupa diperhatikan lagi persyaratannya
      2. Kombinasi dari ketiganya mbak menurut saya, tidak ada yg lebih ditekankan ke salah satu dr yg mbak sebutkan
      Silakan di cek emailnya

      Terimakasih sudah berkunjung 🙂

  55. SALAM, saya Tata, saat ini saya sedang melengkapi berkas untuk pendaftaran besis LPDP. cuman untuk lampiran surat-surat saya masih kebingungan. jika berkenan, mohon untuk bisa membantu saya dengan contoh form lampiran yang Anda sertakan pada pendaftaran Besisi ini ke tatamaratona@gmail.com terimakasih.

  56. as.wr.wb,,,,terimah kasih atas informasinya, saya ingin mendaftar lpdp tapi saya terkendala di rencana studi mohon bantuannya
    alamat email:masrayanisulaeman@yahoo.co.id

  57. Salam Kenal Mas…
    Saya Iwan…
    Saya kesulitan untuk membuat essay dan rencana study plan yang baik
    kalau mas berkenan, tolong lah kirim sama saya juga ya mas contoh essay dan study plan nya mas
    terimakasih mas
    Iwansianturi75@gmail.com

  58. Halo salam kenal Pak Fison,

    saya berencana untuk mengikuti program lpdp untuk lanjut studi s2 dg tujuan dan harapan untuk menjadi tenaga pendidik/ dosen di indonesia sekembalinya studi.
    saya ingin mengetahui seperti apa rencana studi yg baik, apa boleh di share ya Pak? email saya, savitrianggiurp@gmail.com

  59. salam hangat buat pak fison
    info pengalaman mas fison luar biasa dan bermannfaat buat generasi NKRI. Aku masih proses melengkapi berkas persyaratan beasiswa LPDP tahun ini.
    Tapi saya masih kesulitan dalam penulisan study plan dan aku butuh refrensi study plan yang Mas pakai untuk mendaftar. moga pak bapak berkenan mengirimnya kelamat emailku- Kirim ke Zulpeduli@yahoo.co.id

  60. Salam kenal, anak saya sekarang sedang skripsi, saya sedang cari2 beasiswa s2 utk anak saya, baca2 kisah anak2 yang telah lolos, untuk tahun ini ada syarat aktif dikegiatan kemasyarakatan dibuktikan dgn semacam sertifikat, ini maksudnya apa ya mas, bagaimana pengalaman mas? Tolong saya jg dikirimi esay n renc studinya ya mas terima kasih email saya taufiq_pdam_jepara@yahoo.com

    • Mungkin saya Mas/Mbak
      Asal kekurangan tersebut bisa tertutupi dengan keunggulan di bidang lain, misal prestasi akademik, atau pengalaman kompetisi dan mendapat juara di bidang tertentu.
      Semoga sukses yaa, tetap semangat dan jangan berhenti mencoba 🙂

  61. Hi Pak Fison, apabila sedang bekerja namun atasan tidak mengijinkan kita untuk menersukan studi untuk surat ijin atasan bagaimana ya? Apakah boleh juga Pak dikirimkan contoh essay dan study plannya ke email saya palmzpalmz@gmail.com. Terima kasih banyak Pak.

  62. salam kenal mas Fison, terima kasih atas informasinya. Kalau berkenan saya mau meminta contoh Essay sama contoh rencana studinya mas untuk gambaran bagi saya. kalau boleh mohon kirim ke imel saya: dedihsuandi@yahoo.co.id

    Terima Kasih

  63. Salam kenal mas. Saya masih bingung bedanya esai rencana studi yang diketikkan di web lpdp dan rencana studi yang harus diupload dlm format pdf? Bisa beritahu bedanya mas? Atau sama saja? Jika berkenan boleh saya lihat contoh esai rencana studinya. Email saya rain2303xp@gmail.com.. thanks

Leave a comment